, ,

Algoritma

Apa itu algoritma? Kenapa ada algoritma? Apa perlunya sih algoritma itu?
Ini hal penting yang sangat mendasar di bidang apapun kita bekerja. Banyak mahasiswa atau pelajar, bahkan yang sudah menjadi pekerja pun sering tidak mengetahui dasar atau tidak melek akan perlunya mengetahui dasar dan pemahaman dalam bentuk apapun yang kita jalani, memang semua akan kembali ke mahasiswa masing-masing juga sebenarnya untuk menangkap segala bentuk dasar pengajaran. Namun memang pada dasarnya yang terjadi yang ditangkap oleh mahasiswa biasanya sudah pusing duluan membayangkan apa itu Dijkstra, apa itu DFS, apa itu Tree, dan lain-lain. Karena pengajaran yang terjadi biasanya dosen atau guru langsung memberikan teori rumus-rumus dan metode-metode yang memusingkan kita semua, tanpa memaparkan terlebh dahulu hal yang terlihat tidak penting namun sebenarnya penting ini, yaitu ALGORITMA 🙂

oke sebelumnya saya bukan guru, bukan dosen, namun juga sudah bukan mahasiswa, dan tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi pemahaman dan ilmu yang menurut saya penting untuk dibagikan 🙂

Saya menjalani pemrograman baru seumur jagung, dan termasuk agak terlambat. Namun ada pepeatah lebih baik terlambat, daripada tidak melakukan sama sekali 🙂 . Saya pertama kali terinsipirasi untuk mengetahui algoritma itu saat mengobrol bersama kawan saya seorang programmer, dan dia mengatakan pada saya, bagian yang tersulit dalam melakukan pemrograman adalah memahami algoritmanya…. dan pada saat itu saya sudah banyak bicara tentang penggunaan metode cara bekerja metode dan seterusnya, begitu teman saya bilang algoritma tadi, dalam pikiran saya cuma…. aalgoritma???? 😀

Memang tiap mahasiswa berbeda-beda, ada yang lebih suka langsung terjun ke praktek, dan saya termasuk salah satu orang yang demikian, dan banyak orang memang tidak menyukai teori, seperti di salah satu iklan pasta gigi “ahh teori” 😀 😀 😀 .

Setelah menjalani sedikit dunia pemrograman saya baru menyadari bahwa saya salah, dan sangat sangat penting kita mengetahui dan memahami segala dasar sebelum terjun ke praktek 🙂 . Jadi untuk para mahasiswa selalu semangat ya 😉

Oke cukup curcol dari saya 😀 , kembali ke topik.

Apa itu algoritma?

Berdasarkan hasil penelitian yang mendalam dari para ahli sejarah matematika, kata algoritma mengacu dari buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala atau dalam bahasa Indonesia “Buku pemugaran dan pengurangan”.

Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma.

Untuk detail historinya bisa disimak disini

Algorithm (Wikipedia)

Lalu apakah algoritma itu!!?? 😡

Simple, simple, simple

“Algoritma = Prosedur”

Intinya sudah gitu aja sebenarnya 😀 😀 😀 😀 😀

Pengertian yang lengkapnya secara sederhana merupakan urutan langkah- langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis.

Haa.. jadi detilnya berikut ini, misalkan seperti contoh sederhana kegiatan pagi hari berikut :

Misalkan saja “algoritma aktifitas pagi hari ini sebelum berangkat kerja” yaitu

  1. turun dari tempat tidur,
  2. melepas piiama,
  3. mandi,
  4. berpakaian,
  5. makan pagi,
  6. pergi kerja.

Contoh lain, algoritma untuk menghitung keliling persegi panjang, hal yang harus anda lakukan adalah

1. Untuk Menghitung keliling persegi panjang anda harus memperoleh nilai panjang dan lebar persegi panjang.

2. Memperoleh rumus untuk menghitung keliling persegi panjang ( 2 x (panjang + lebar)

3. Kemudian tampil nilai hasilnya. Ada juga yang menyebutkan pengertian algortima adalah langkah detail yang ditunjukan untuk komputer guna menyelesaikan suatu masalah.

Namun, yang disebut algoritma ini berbeda dengan program, karena algorima bersifat bebas terhadap bahasa pemrogaraman

Beda Algoritma dan Program?

Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula bahwa :

“Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)”

Itulah tadi inti rangkuman dan pemahaman dasar dari apa yang dimaksud dari Algoritma

Setelah kita memahami dasar pengertian dari algoritma, barulah kita bisa melanjutkan langkah selanjutnya, seperti contoh :
1. Bagaimana kita mempelajari cara bekerja dari sebuah metode, atau analisa algoritma metode,
2. Analisa algoritma perancangan program dengan bahasa pemrogramannya dan metode yang akan bekerja
3. Penggambaran algoritma hasil rancangan program, atau lebih mudah disebut prosedur cara penggunaan program

Banyak cara menggambarkan penggunaan algoritma kita, saat ini cara yang digunakan untuk menggambarkan sebuah algoritma adalah dengan :

1. Flowchart
2. UML

Flowchart merupakan cara lama dan masih sering digunakan saat ini, sedangkan UML adalah cara yang lebih baru untuk menggambarkan algoritma sebuah metode, dan penggunaan program.

Semoga membantu,
GZ

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *