Isu Xampp

Handling Xampp issue in Windows

Penanganan masalah Xampp pada Windows

Ketika Anda mulai melakukan pemrograman website, kadang-kadang kita bertemu masalah ketika Xampp Anda (server Localhost) tiba-tiba berhenti bekerja pada Windows. Dan beberapa orang menemui kesulitan menemukan informasi tentang bagaimana memecahkan masalah ini. Beberapa prang bahkan melakukan tindakan menginstall ulang Windows mereka, namun tetap saja tidak berhasil, akirnya hal ini menjadi sesuatu yang misteri, dan kadang untuk beberapa membuat beberapa orang cukup tertekan.

Jawaban dari masalah ini sebenarnya disebabkan karena, ada software yang anda install mengambil alih port Xampp anda. Sehingga beribu kali anda menginstall Xampp, Windows atau OS anda, anda pasti tetap akan menghadapi masalah yang sama, jika anda pun menginstall software yang sama yang menyebabkan masalah Xammp ini.

Saya akan berbagi cara untuk bekerja dengan masalah ini.

Xampp issue

1) Buka cmd atau power shell, ketik netstat -ao tcp-p

2) Periksa hasil pemindaian, temukan localhost IP Address Xampp anda pada Local Address. Seperti kita ketahui default alamat IP Localhost Xampp adalah 127.0.0.1 dan menggunakan port 80 atau 443

3) Setelah Anda menemukan alamat IP localhost (exp: 127.0.0.1: 443), selanjutnya periksa PID di sisi kanan

4) Berikutnya Buka Task Manager, namun sebelumnya cek terlebih dahulu apakah PID Anda sudah aktif atau belum, jika tidak aktif, Anda harus mengaktifkannya di Task Manager. Untuk mengaktifkan, klik Process & gt; & gt; View & gt; & gt; Pilih Columns & gt; & gt; “centang” PID (Process Identifier)

5) Kemudian kita bisa melihat software apa yang menggunakan port Xampp anda, dengan melihat PID di Process Task Manager & gt; & gt;. Tapi! Jika Anda tidak dapat menemukannya, pergi ke Services, segera Anda akan mengetahui Software yang menggunakan port anda.
Seperti dalam contoh saya dalam kasus saya, port 443 menggunakan dan diblokir oleh VMware Workstation Server System Bersama.

6) Masalah sebenarnya sudah selesai, namun masalah selanjutnya akan berpengaruh pada Software yang menybabkan masalah Xampp ini. Jadi jika anda tetap ingin menggunakan software penyebab masalah Xampp ini, maka anda harus mengkonfigurasi ulang sendiri port dari Software yang menyebabkan masalah ini, agar port default Xampp tersebut tetap bisa digunakan kembali oleh Xampp.

Jadi dari sini anda tidak perlu menginstall ulang Xampp anda, bahkan seperti beberapa teman yang saya temukan, mereka harus menginstall ualng Windows mereka. Tidak perlu lagi

Semoga membantu,

GZ

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *