Apa itu Website dan Jenis – jenis Website

Apa itu website?

Sebuah situs web, juga ditulis sebagai situs web, atau hanya situs, adalah satu set halaman web yang disajikan secara terkonsep dan terstruktur dimana terpasang pada domain web tunggal. Sebuah website dipasang pada sebuah host yang setidaknya berada dalam satu web server, sebuah website diakses melalui jaringan seperti Internet atau jaringan area lokal dimana melalui sebuah alamat Internet yang dikenal sebagai uniform resource locator. Semua situs yang dapat diakses publik merupakan kolektif dari World Wide Web.

Web Page atau Halaman Web?

Halaman web adalah dokumen, biasanya ditulis dalam teks biasa diselingi dengan instruksi format Hypertext Markup Language (HTML, XHTML). Sebuah halaman web dapat memasukkan unsur-unsur dari situs-situs lain dengan anchor markup yang sesuai. Semua hal pengetikan atau sering disebut dengan pengkodingan ini dapat dipelajari lewat pemrograman web, yang dimulai dari pemrograman HTML, kemudian dilanjutkan ke bahasa PHP dan seterusnya.

Jenis-jenis website?

Dan isi dari jenis Website?

Jenis website semakin bertambah berdasarkan fungsi dan kegunaan website tersebut.

Awalnya, sebuah situs adalah murni informasi. Sebelum web dibuka untuk umum, lembaga pendidikan dan penelitian dan lembaga pemerintah mampu membuat informasi tersedia satu sama lain melalui situs teks saja. Sekarang setetalh World Wide Web diciptakan, maka tercipta ada lebih jenis website dari yang dapat anda lihat dan pelajari. Di sini kita akan membahas tipe dasar, mencatat bahwa informasi kita tidak akan mencakup semua dan bahwa saat ini telah banyak tercipta website ddengan gabungan fitur-fitur dan bahasa pemrograman yang membuat situs menjadi lebih kompleks.

Jenis website dasar
1. Website Pribadi atau Personal Websites
2. Website Berbagi Foto atau Photo Sharing Websites
3. Website Pengarang dan Penulis atau Writers / Authors Websites
4. Website Membangun Komunitas atau Community Building Websites
5. Mobile Device Website atau Mobile Device Websites
6. Blog
7. Website sistem informasi atau Informational Website
8. Bisnis Online Brosur / Katalog
9. Direktori Website atau Directory Websites
10. E-commerce Website

1. Website Pribadi

Internet Service Provider mungkin menawarkan ruang server gratis bagi Anda untuk membuat website Anda sendiri yang mungkin mencakup beberapa foto keluarga dan buku harian online. Biasanya ini akan memiliki alamat web (URL) melihat sesuatu seperti ini: www.your-isp.com/~your-user-name/. Jenis situs ini berguna untuk keluarga, remaja, kakek-nenek, dll untuk tetap berhubungan dengan satu sama lain. Tipe website seperti ini tidak dianjurkan untuk usaha / bisnis skala kecil, dikarenakan URL yang disediakan biasanya tidak mudah ditemukan oleh search engine, dan juga harus dilihat dari sisi kemampuan server, apabila kemampuan server tidak mendukung, maka sangat tidak disarankan untuk dijadikan website usaha / bisnis skala kecil.

2. Website Berbagi Foto

Jenis situs yang banyak bermunculan. Ada perusahaan web seperti, Flickr.com, Photosite.com, dan Google Picasa. Ada ratusan ritus yang berdiri dan menawarkan kenaggotaan secara gratis, yang mendapatkan bayaran dari sposor dan iklan yang dipasang di website mereka. Dan saat ini, juga banyak kamera digital dan printer yang sudah memiliki software / perangkat lunak yang memungkinkan orang untuk membuat foto digital, dan membuatnya ke bentuk slide show dan langsung meng-upload ke web.

3. Website Penulis dan Pengarang

Website penulis dan pengarang adalah bagian dari apa yang dikenal sebagai platform atau alat bantu kerja dari para pengarang dan penulis di dalam bisnis penerbitan. Platform ini meliputi, sebuah situs web, akun Facebook, blog, akun Twitter, dan mailing list. Banyak penerbit sudah tau akan pasar mereka. Dengan kata lain, “Jika kita menerbitkan buku Anda, seperti apa basis pembaca yang Anda sudah memiliki yang dapat diandalkan untuk membeli publikasi baru Anda?”. Sebuah situs web penulis akan mencakup biografi, katalog buku yang diterbitkan, beberapa karya, dan juga mungkin kutipan dari beberapa karya, link ke publikasi pada beberapa situs seperti Amazon.com, link blog penulis, ulasan dan komentar pada publikasi penulis.

4. Website Membangun Komunitas

Website ini membangun komunitas online dari orang-orang yang ingin berinteraksi dengan orang lain secara sosial atau bertemu orang-orang dengan minat yang sama. Website paling terkenal dari jenis ini mungkin FaceBook.com. Ada juga Linkedin.com, dan jangan lupa MySpace.com. Dasar pembuatan website ini adalah untuk berbagi dan mendiskusikan kepentingan bersama, ada forum online untuk hampir setiap topik yang Anda bisa memikirkan. Situs forum dapat menjadi sumber informasi dan bantuan untuk para pebisnis kecil. Sekarang Anda dapat melihat ini adalah di mana kita mulai masuk ke gagasan “hybrid” situs. Situs Sharing foto juga mungkin dianggap membangun situs komunitas.

5. Mobile Device Website

Meskipun dalam masa pertumbuhan, penggunaan perangkat mobile (ponsel, PDA, iPod, iPhone, dll) akan menjadi jauh lebih luas dan lazim digunakan. Yang menjadi salah satu masalah adalah bahwa website standar sulit untuk dilihat dan mengambil waktu lama untuk di download ke perangkat ini dimana dengan layar yang kecil dan koneksi nirkabel. Website yang halamannya lebih sempit pada lebar ukurannya akan mengambil sedikit bandwidth dan akan jauh lebih baik untuk perangkat mobile. Sebuah domain sebutan baru telah diciptakan untuk mengidentifikasi situs-situs agar “mobile friendly”. Yakni .Mobi, seperti dalam www.xislegraphix.mobi. Jika Anda memiliki bisnis kecil dan ingin dapat dilihat pada ponsel, Mungkin anda dapat mempertimbangkan dari sekarang. Namun selain domain .mobi, teknologi bahasa pemrograman saat ini telah menciptakan kemampuan sebuah web standar terkonversi dan reseponsive menjadi tampilan web mobile phone. Dengan melalui penggunaan bahasa JQuery, HTML5, CSS3, maka sebuah web standar akan terkonversi, karena bahasa program tersebut mendukung terciptanya website yang responsive untuk mobile phone.

6. Website Blogging

Asal kata Blog adalah dari Web Log dan menyingkatnya menjadi Blogs, yang mengandung buku harian online, jurnal, atau editorial. Saya, bagaimana Blog telah mengambil alih internet. Membuat Blog sudah menjadi lazim dan tren bahkan menjadi sebuah keharusan oleh beberapa orang. Seorang pemilik blog akan log-on harian, mingguan, atau kapan saja, dan menulis tentang apa pun yang terjadi dalam kehidupan atau bisnis mereka, atau mereka mungkin mengomentari politik dan berita.

7. Informational Website

Situs informasi yang paling sering dibuka saat ini adalah wikipedia.org, ensiklopedia online. Dan keunikan dari situs ini, karena memungkinkan pengunjung untuk berkontribusi dan mengedit artikel. Mungkin saat ini di situs usaha kecil Anda mungkin tidak memiliki informasi yang lengkap, tetapi jika Anda memiliki informasi yang sangat berguna udan dapat dibagi dan menjual, sebuah situs informasi akan meningkatkan penjualan anda. Misalkan Anda memiliki bisnis lansekap. Anda bisa membuat website yang berisi daftar tanaman dengan definisi dan instruksi penanaman dan pemeliharaannya. Ini akan membantu orang-orang, dan Anda akan menggunakannya untuk mengajak orang-orang untuk mengikuti cara pengarahan Anda lewat informasi yang Anda buat. Tentu saja situs Anda bisa menjadi situs “hybrid” dengan e-commerce dan juga dalam bentuk situs informasi, dimana menjual tanaman Anda secara online.

8. Bisnis Online Brosur Website / katalog

Dahulu sebelum Internet, kita semua menggunakan mesin cetak, radio, brosur dan media televisi untuk menyebarkan berita tentang bisnis kita. Sekarang kita dapat melemparkan informasi tersebut lewat jaringan, untuk mencapai jutaan orang dengan hanya satu website. Dengan brosur online atau katalog, Anda dapat menunjukkan siapa saja yang mencari dan menemukan website Anda, dimana telah berisi dengan informasi foto dan deskripsi dari produk atau jasa Anda. Untuk beberapa hal ini mungkin terdengar seperti sebuah Website E-commerce, tetapi cara ini juga banyak digunakan oleh banyak bisnis yang berurusan dengan produk atau jasa yang tidak terlalu menjual secara jaringan online seperti hair-stylist, dokter gigi, atau tempat penitipan.

9. Direktori Website

Berfungsi sama seperti sebuah buku telephon-Yellow Pages, dalam sebuah buku telepon dapat digunakan untuk menemukan informasi dan lokasi bisnis-bisnis, dan saat ini kita memiliki direktori situs. Yellow Pages memiliki satu, YP.com. Direktori dapat didedikasikan untuk topik atau industri tertentu, atau mereka dapat mencakup seluruh kategori situs. Search Engine, seperti Google.com dan Yahoo.com dapat dianggap direktori, tapi karena database mereka begitu besar, daripada mencari abjad, seseorang memasuki istilah pencarian di kolom pencarian. Jadi Direktori Website adlah fasilitas website yang memeberikan ruang untuk website anda dan website-website lain agar terdaftar di dalam satu direktori dan situs anda akan dapat dengan mudah ditemukan oleh search engine direktori website anda contoh Google Search Engine, Yahoo Search Engine atau BING Search Engine.

10. Website E-commerce

Pernah dengar Amazon.com? Ini adalah salah satu situs terbesar dari semua situs web e-commerce. Tapi Anda tidak perlu menjadi seorang Amazon untuk menjual produk Anda secara online. Ada jutaan usaha kecil yang menggunakan situs e-commerce mereka untuk menjual produk mereka melalui Internet. Hampir apapun dapat dijual dari toko bahan bangunan hingga senapan mortir dapat dijual secara online-dengan biaya yang jauh lebih sedikit.

GZ 🙂