XHTML singkatan eXtensible HyperText Markup Language. Ini adalah langkah berikutnya dalam evolusi internet. XHTML 1.0 adalah jenis dokumen pertama dalam keluarga XHTML.

XHTML hampir identik dengan HTML 4.01 dengan hanya sedikit perbedaan. Ini adalah versi bersih dan ketat dari HTML 4.01. Jika Anda sudah tahu HTML, maka Anda perlu memberikan sedikit perhatian untuk mempelajari versi terbaru dari HTML.

XHTML dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk membantu pengembang web membuat transisi dari HTML ke XML. Dengan bermigrasi ke XHTML hari ini, pengembang web dapat memasuki dunia XML dengan semua manfaatnya, sementara masih tersisa percaya diri dalam kompatibilitas dan masa depan dari konten.

Mengapa Gunakan XHTML?
Pengembang yang bermigrasi konten mereka ke XHTML 1.0 mendapatkan keuntungan sebagai berikut –

dokumen XHTML yang XML sesuai seperti yang mudah dilihat, diedit, dan divalidasi dengan alat XML standar.

dokumen XHTML dapat ditulis untuk beroperasi lebih baik daripada yang mereka lakukan sebelumnya di browser yang ada serta di browser baru.

dokumen XHTML dapat memanfaatkan aplikasi seperti script dan applet yang bergantung pada baik Dokumen HTML Object Model atau XML Document Object Model.

XHTML memberi Anda lebih konsisten, format yang terstruktur dengan baik sehingga halaman Web Anda dapat dengan mudah diurai dan diproses oleh sekarang dan masa depan browser web.

Anda dapat dengan mudah mempertahankan, mengedit, mengkonversi dan memformat dokumen Anda dalam jangka panjang.

Sejak XHTML adalah standar resmi W3C, website Anda menjadi lebih kompatibel dengan banyak browser dan diberikan lebih akurat.

XHTML menggabungkan kekuatan HTML dan XML. Juga, halaman XHTML dapat diberikan oleh semua browser XML diaktifkan.

XHTML mendefinisikan standar kualitas untuk halaman Web Anda dan jika Anda mengikuti itu, maka halaman web Anda dihitung sebagai halaman web berkualitas. W3C menyatakan halaman tersebut dengan cap kualitas mereka.

web developer dan desainer web browser yang terus-menerus menemukan cara-cara baru untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui bahasa markup baru. Dalam XML, relatif mudah untuk memperkenalkan unsur-unsur baru atau atribut elemen tambahan. Keluarga XHTML didesain untuk mengakomodasi ekstensi ini melalui modul XHTML dan teknik untuk mengembangkan modul XHTML-conforming baru. Modul ini memungkinkan kombinasi fitur yang ada dan baru pada saat mengembangkan konten dan merancang agen pengguna baru.

Memahami dasar
Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita memiliki pandangan singkat tentang apa yang HTML, XML, dan SGML.

Apa itu HTML?
Ini adalah Standard Generalized Markup Language (SGML) aplikasi sesuai dengan Standar Internasional ISO 8879. HTML secara luas dianggap sebagai bahasa penerbitan standar World Wide Web.

Apa SGML?
Ini adalah bahasa untuk mendeskripsikan bahasa markup, terutama yang digunakan dalam pertukaran elektronik dokumen, pengelolaan dokumen, dan dokumen penerbitan. HTML adalah contoh dari bahasa didefinisikan dalam SGML.

Apa XML?
XML singkatan eXtensible Markup Language. XML adalah bahasa markup seperti HTML dan itu dirancang untuk menggambarkan data. tag XML tidak ditentukan sebelumnya. Anda harus mendefinisikan tag Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.